Tanggal Cantik, Petugas Tiga Pilar Manyar Memilih Imbau Prokes di Pasar Tradisional.

GRESIK – Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Gresik secara masiv terus dilakukan. Menyasar anak usia 6-11 tahun, Lansia hingga dosis ketiga (bosster) tetap gencar diberikan vaksinator kepada masyarakat secara gratis.

Di Kecamatan Manyar, petugas gabungan dari Polsek Manyar bersama Koramil 0817 / 06 Manyar dan Trantib Kecamatan juga getol melakukan operasi yustisi Imbauan penerapan protokol kesehatan.

Menyasar pembeli maupun pedagang di pasar Desa Sembayat, petugas gabungan mengingatkan untuk masker harus tetap dipakai dalam aktivitas sehari-hari terutama di luar rumah.

Mus Hasanah (49), penjual yang menggelar lapak dagangan di tepi jalan kawasan pasar Desa Sembayat awalnya mengira bakal ada penertiban oleh petugas gabungan.

Ibu Mus yang sudah 15 tahun mengais rezeki berdagang kebutuhan pangan sehari-hari di pasar yang tidak jauh dari aliran sungai bengawan solo tersebut memberanikan diri bertanya kepada petugas.

“Mau belanja di pasar pak, atau mau ada penertiban.” tanya dia kepada petugas berseragam.

Kanit Binmas Polsek Manyar yang waktu itu memimpin operasi yustisi gabungan menenangkan hati ibu yang berusia hampir setengah abad tersebut.

“Kami dari Tiga Pilar Manyar mengimbau masyarakat di pasar Sembayat agar tetap memakai masker, meskipun sudah divaksin.” jawabnya.

Pedagang tradisional itu pun bernafas lega, sembari tersenyum ia berkata maskernya lupa tidak dipakai.

“Ada pak, tadi pakai masker. Lupa, usai minum saya taruh di rak dagangan tidak saya pakai kembali. Saya kira ada obrakan pak (penertiban). imbuhnya sambil tersenyum.

Petugas gabungan lalu membagikan masker dan mengimbau masyarakat di kawasan pasar untuk memakai masker.

Sementara itu dilain tempat, Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis melalui Kapolsek Manyar AKP Windu Priyo Prayitno ketika dikonfirmasi awak media via pesan singkat WhatsApp mengatakan prokes jangan kendor.

“Meskipun sudah menerima vaksinasi dosis pertama, kedua maupun booster, masyarakat tetap diminta menerapkan protokol kesehatan. Maskernya tetap dipakai.” kata Windu, Rabu (2/2/2022).

Mantan Kasat Sabhara Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya itu menyebut varian Covid-19 omicron telah masuk ke Gresik.

“Saat ini pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dalam rangka menekan penyebaran Covid-19 masih diberlakukan pemerintah. Jangan lengah, virus asal Wuhan China masih ada disekitar kita.” pungkasnya. (jm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *