Ritual Brevet Wings Tapak Merah Bintang Merah Dewan Ambalan 2021

GRESIK – Sebanyak sepuluh anggota Pramuka Saka Bhayangkara Polsek Manyar dari Gugus Depan SMA Yasmu terdiri dari tiga peserta putra dan tujuh putri mengikuti seleksi kelayakan pencapaian syarat kecakapan umum (SKU) Penegak Bantara dan Penegak Laksana.

Pengembaraan Dewan Ambalan Ki Hajar Dewantara dan Cut Nyak Dien, mereka mesti mengembara jalan kaki dari pangkalan gugus depan (Gudep) di Manyar hingga pantai Dalegan Kecamatan Panceng dan kembali lagi ke pangkalan Manyar. Sebelum Pemberangkatan, Sabtu 3 April menerima pembekalan dari Kanit Binmas Polsek Manyar Aiptu Moh. Fahrur Rozi.

“Jadikan latihan fisik dan pembentukan mental ini menuju seorang praja muda karana yang tangguh dan bermanfaat bagi orang tua, agama, masyarakat, bangsa dan negara.” tutur Polisi berkumis tebal itu.

Kanit Binmas yang banyak dikenal elemen masyarakat Manyar ini menyebut, kekompakan kebersamaan dan rasa tanggung jawab harus dipupuk. Melalui kegiatan Pramuka salah satunya. Harapannya terlahir jiwa pemimpin yang mumpuni di masa mendatang.

“Jadilah pelopor penerapan protokol kesehatan dimana pun kalian berada. Dukung langkah TNI- POLRI dan ikhtiyar pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19. imbuhnya.

Selama menempuh pengembaraan mereka dituntut peka terhadap lingkungan, apa yang terjadi, harus berbuat apa dan bertanggung jawab pada siapa. Teruji jiwa Pramuka mereka ketika memasuki wilayah Kecamatan Bungah, terjadi Laka Lantas di depan mata.

Bergegas melakukan pengamanan TKP, mengatur arus Lalin agar tidak terjadi kecelakaan susulan dan kemacetan. Lalu menginformasikan kepada pihak Kepolisian setempat guna penanganan lebih lanjut.

Sekembalinya dari pengembaraan peserta yang terbagi dalam 3 regu atau sangga ini bakal menerima penyematan Brevet Wings Tapak Merah Bintang Merah. Brevet elit kebanggaan Pramuka.

Sementara Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, SH, SIK, MM melalui Kapolsek Manyar Iptu Bima Sakti Pria Laksana, SIK, MH dikonfirmasi mengatakan Pramuka adalah mitra Polri.

“Saka Bhayangkara merupakan satuan karya kepramukaan kebanggaan Polri. Sebab tujuan pembetukannya untuk melahirkan kader- kader bangsa yang memilik akhlak dan moral Pancasila. Guna berperan aktif membantu menjaga Kamtibmas.” ungkap Alumni Akpol 2013 tersebut, Minggu (4/4/2021).

Menurut Kapolsek Manyar, pihaknya akan terus merangkul pihak sekolah melakukan bimbingan, penyuluhan dan pelatihan dengan tujuan menanamkan pondasi bela negara demi terpeliharanya kondusifitas Kamtibmas.(jm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *