Ratusan Pendekar Silat Datangi Forkopimcam Manyar, Berikrar jaga Kerukunan

GRESIK – Ratusan pendekar dari puluhan perguruan silat di Kecamatan Manyar mendatangi Pendopo Kecamatan Manyar lengkap mengenakan pakaian sakral perguruan.

Satu per satu saling berjabatan tangan penuh keakraban ketika para pendekar memasuki pendopo yang berada bersebelahan dengan Polsek Manyar tersebut.

Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis melalui Kapolsek Manyar AKP Windu Priyo Prayitno mengatakan sengaja mengundang para pendekar silat ini untuk silaturahmi sembari ngopi bareng.

Didampingi Danramil 0817/06 Manyar Kapten Inf Imam Suudi dan Camat Manyar Zainul Arifin, perwira Polisi dengan tiga balok dipundak itu mengatakan kita jaga persatuan dan kesatuan.

“Kami Forkopimcam Manyar menginisiasi silaturahmi antar perguruan silat se Kecamatan Manyar. Kita jaga persaudaraan, persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan sampai kecamatan Manyar terciderai dengan kejadian oleh segelintir oknum yang mengatasnamakan perguruan.” kata Windu, Jumat (31/9/2022).

Menurutnya, tujuan dari kita ikut beladiri adalah menjaga kesehatan dengan olahraga dan mencari persaudaraan. Para senior harus bisa memberikan pencerahan kepada juniornya untuk menjaga kerukunan. Kemudian juga mengukir prestasi melalui olahraga beladiri pencak silat

Pihaknya berharap ada kerjasama antara Forkopimcam Manyar dengan perguruan silat untuk bersinergi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Sementara itu Camat Manyar Zainul Arifin mengapresiasi kehadiran ratusan pendekar silat di Pendopo Kecamatan Manyar.

“Kami mengapresiasi kehadiran adik-adik dan bapak-bapak yang hadir disini. Yang sebelumnya belum kenal bisa kenal, yang sebelumnya belum akrab menjadi lebih akrab.” ujarnya.

Forkopimcam Manyar menurut Zainul, menjadi pilar utama yang menjaga keamanan dan ketentraman masyarakat. Sehingga pihaknya ingin bersilaturahmi dengan semua perguruan silat yang ada di Kecamatan Manyar agar bisa bersinergi menjadikan ketentraman masyarakat.

Senada, Danramil 0817/06 Manyar Kapten Inf Imam Suudi menyebut tak kenal maka tak sayang. Ketika tidak sayang maka tidak rukun.

“Kalaupun ada perselisihan antar kelompok perguruan sebenarnya bukan perguruannya yang berselisih, namun pihak yang mengatasnamakan perguruan silat itu sendiri. Kita semua bersaudara dalam wadah pencak silat. Mari kita bersinergi dan kolaborasi menjaga keamanan di wilayah Kecamatan Manyar.” imbaunya.

Mashudi Ja’far selaku ketua IPSI Rayon Manyar mengaku baru kali pertama bersama ratusan pendekar dari berbagai perguruan silat di Kecamatan Manyar melakukan silaturahmi dan ngopi bareng Forkopimcam Manyar.

Ia menggaris bawahi inti dari perguruan silat ini untuk membantu Kapolsek, Danramil dan Camat  Manyar dalam menjaga keamanan.

Ja’far berharap silaturahmi Forkopimcam Manyar bersama seluruh perguruan silat yang ada di Kecamatan Manyar ini bisa menjadi agenda rutin.

Acara silaturahmi Forkopimcam Manyar bersama perguruan silat se Kecamatan Manyar pada Jumat malam tersebut diakhiri dengan pembacaan ikrar sanggup menjaga Kamtibmas bersama. (jm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *