Polres Gresik || Tradisi Rebo Wekasan Desa Suci, Tetap Mematuhi Protokol Kesehatan

tribratanewspolresgresik.com РBhabinkamtibmas Desa Suci, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik Aiptu Heri Sukamto dan Babinsa  Serka Randim menghadiri peringatan Rebo Wekasan di  bertempat di Masjid Mambaut Toat, Selasa (13/10/2020) malam.

 

Mengutip sejarah tradisi Rebo Wekasan atau Rebo Pungkasan merupakan kegiatan masyarakat Desa Suci Kecamatan Manyar.

 

Rebo Wekasan adalah sedekah bumi berupa selamatan di sekitar Telaga Suci. Kegiatan ini dilakukan pada hari Rabu terakhir di Bulan Safar.

 

Menurut cerita tutur, pada hari Rabu terakhir di Bulan Safar, Allah SWT mengabulkan permintaan masyarakat Desa Suci yang telah lama menantikan sumber air guna mencukupi kebutuhan mereka sehari-hari, akhirnya dapat ditemukan. Sehingga pada malam hari Rabu akhir bulan Syafar masyarakat mengadakan selamatan secara turun temurun hingga saat ini.

 

Pada puncak acara selamatan atau tasyakuran ini dihadir pula Camat Manyar Moh. Nadlelah, Sp, M.Si, Kepala Desa Suci Ahmd Rizal, SE serta sejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat, setidaknya ada sekitar 100 jamaah yang hadir diacara tradisi tersebut.

 

Dimana acara tersebut dimulai dengan Khataman Alquran dan Istighosah hingga santunan anak yatim. Jamaah juga juga terbilang khusuk dan patuh protokol kesehatan, wajib memakai masker, sebelum memasuki lokasi para Jamaah wajib mencuci tangan. Panitia pun memeriksa suhu tubuh dan menyemprotkan hand sanitizer dan membagikan masker gratis sebelum mengikuti kegiatan Rebo Wekasan tersebut.

 

Ahmad Hilmi Afandi selaku ketua panitia Rebo Wekasan kepada awak media mengatakan, “Rebo Wekasan tahun ini berbeda dari tahun- tahun sebelumnya. Yang biasanya ada kirab tumpeng dan pasar malam, namun karena situasi pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir, panitia memutuskan untuk meniadakan kirab tumpeng dan pasar malam,” kata Hilmi.

 

“Tumpeng langsung ditempatkan di Masjid Mambaul Toat dan digelar doa bersama memohon kepada Allah SWT untuk keselamatan dan kesehatan masyarakat Desa Suci,” imbuhnya.

 

Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang hadir mengawasi betul pelaksanaan protokol kesehatan pada acara keagamaan tersebut.

 

Secara terpisah Kapolsek Manyar Iptu Bima Sakti Pria Laksana, SIK, MH mengatakan, “kegiatan Rebo Wekasan ini merupakan kegiatan yang sangat positif untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT. Dengan kehadiran Polri dan TNI dalam Rebo Wekasan tersebut guna menjalin kemitraan dan menyambung tali silaturahmi dengan tokoh agama atau ulama beserta tokoh masyarakat yang hadir.” ungkap Iptu Bima Sakti.

 

“Kehadiran Bhabinkamtibmas di tengah-tengah masyarakat sangat dibutuhkan sebagai mitra dan sahabat masyarakat. Tentunya, dengan kehadiran Polisi guna menciptakan rasa aman dan nyaman serta untuk menjalin silaturahmi tetap berjalan dengan baik,” pungkasnya. (jm/hm/myr)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *