Polres Gresik Bersama Forkopimda Gresik Dan Kodim 0817 Gresik Giat Sterilisasi Gereja Jelang Malam Natal

Polres Gresik bersama jajaran Forkopimda dan Kodim 0817 Gresik, melakukan giat sterilisasi gereja menjelang ibadah malam Natal.

Sterilisasi dilakukan di tiga Gereja diwilayah Kab. Gresik, diantaranya, Gereja Kristen Jawi Wetan Jl. Panglima Sudirman no 127 Gresik, Selasa (24/12/2019) pukul 16.00 wib.

Proses sterilisasi gereja dipimpin oleh Kapolres Gresik AKBP. Kusworo Wibowo SH, SIK, MH, bersama Dandim 0817 Gresik Letkol Inf. Budi Handoko S.Sos dan Wakil Bupati Gresik H. Moh Qosim, Ka. Dishub Gresik Nanang, Kasat Pol PP Kab. Gresik, dengan menerjunkan 250 anggota personil gabungan, diantaranya, TNI, Polri, Brimob, Satpol PP, Dishub dan Saka Bhayangkara serta tokoh agama.

Tampak para petugas berkeliling di setiap sudut sudut gereja tersebut. Terlihat juga personel membawa metal detector, guna memastikan keamanan bagi para jemaat yang hadir, untuk melaksanakan malam misa natal di gereja tersebut.

Sementara jemaat tidak diperbolehkan masuk gereja selama proses sterilisasi, dimasing masing gereja proses sterilisasi berlangsung kurang lebih selama 15 menit.

Kapolres Gresik AKBP. Kusworo Wibowo SH, SIK, MH, mengatakan, proses sterilisasi dilakukan di sejumlah greja yang berada diwilayah Gresik. Sterilisasi gereja dilakukan untuk memastikan perayaan ibadah Misa Natal berjalan aman dan nyaman.

“Hari ini kita menerjunkan sebanyak dua ratus lima puluh personil, termasuk anggota TNI Polri, Satpol PP, Dishub dan Saka Bhayangkara. Sterilisasi dilakukan mulai pukul 16.00 wib, terhadap gereja gereja atau tempat ibadah yang akan digunakan nanti malam, agar dipastikan tempatnya tidak ada bahan bahan yang mencurigakan atau berbahaya,” terang Kapolres.

Sementara itu, ditempat yang sama Wabup Gresik H. Moh Qosim, menyampaikan, hal ini adalah guna menjaga kerukunan umat beragama, antara umat beragama dengan pemerintah internal, antar umat beragama agama satu dengan yang lain.

“Seperti saat ini, saudara kita hari ini akan melaksanakan misa memperingati natal, di samping ada rekan Katolik, juga ada rekan Kristen, harapan pemerintah agar supaya kebersamaan dan kerukunan itu senantiasa terus berlangsung,” kata Wabup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *