Kunjungan Duta Besar Mesir di Ponpes Mamba’us Sholihin, Disambut Hadroh Sholawat Nabi dan Pengamanan Polisi

GRESIK – Duta Besar Mesir untuk Indonesia Ashraf Mohammaed Mughoib Sultan, berkunjung ke Ponpes Mamba’us Sholihin, Desa Suci, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Kamis (18/11/2021).

Dalam kunjungannya Ashraf disambut lantunan hadroh Sholawat Nabi oleh Santri dan para Kiyai.

Di dalam ruangan Aula Daarun Nadwah Rushoifah, dihadapan para Santri Ashraf meyampaikan bahwa negaranya memiliki kedekatan dan kesamaan dengan Indonesia. Utamanya dalam mengkampenyakan Islam yang tasamuh, moderat, serta cinta kepada negara.

“Juga pentingnya hubbul wathon cinta dan bela Negara dalam kehidupan bersama. Maka, kedatangan ini tak lain adalah dalam rangka menjalin kerjasama dalam hal-hal tersebut,” katanya.

Menurutnya, apa yang telah berlangsung antara Indonesia dan Mesir atau sepesifiknya Universitas Al-Azhar adalah sesuatu yang telah lama terjalin dan patut dibanggakan. Ditambah banyak sekali syaikh al-Azhar yang telah menganggap Indonesia sebagai Negara keduanya.

“Kunjungan kami ke Jawa Timur ini adalah yang pertama kalinya, dan kami berharap semoga ini bukanlah yang terakhir,” terangnya.

Sementara itu, perwakilan pengasuh Ponpes Mamba’us Sholohin Agus Moh Najib mengaku sangat terkesan dengan kedatangan Duta Besar Mesir untuk Indonesia. Pasalnya, lembaganya ini telah lama memiliki hubungan dengan Mesir melalui Universitas Al-Azhar. Di mana telah banyak alumni Pondok Pesantren Mambaus Sholihin yang melanjutkan studinya di Al-Azhar.

“Dan kini telah banyak dari mereka yang telah memiliki peran penting di tengah masyarakat dengan menjadi pemimipin instansi, pondok pesantren ataupun lembaga-lembaga lainnya,” bebernya.

Lebih lanjut, Ponpes Mambaus Sholihin sangat berharap semoga kunjungan ini dapat menghasilkan berbagai kerja sama yang intens dan berkelanjutan.

“Baik antara Indonesia dengan Mesir secara umum ataupun antara Al-Azhar dengan Mambaus Sholihin secara khusus,” tukasnya.

Sebelumnya, Duta Besar Mesir untuk Indonesia Ashraf Mohammaed Sultan, diketahui telah lebih dulu mengunjungi Ponpes Langitan Tuban. Kunjungan Ashraf ke Provinsi Jawa Timur merupakan kali pertama saat dirinya menjabat sebagai duta besar.

Kunjungan Duta Besar Mesir ini mendapat pengamanan dari Polres Gresik. Dalam hal ini Polsek Manyar sebagai ujung tombak pelaksanaan pengamanan dari awal hingga akhir kegiatan.

Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis melalui Kapolsek Manyar AKP Windu Priyo Prayitno di lokasi Ponpes Mamba’us Sholihin mengatakan Polisi hadir ditengah masyarakat.

“Sudah menjadi tugas dan kewajiban kami untuk hadir ditengah masyarakat. Memberikan pelayanan demi terciptanya rasa aman dan nyaman.” kata Windu

Mantan Kasat Sabhara Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya itu menambahkan bahwa kegiatan kunjungan Duta Besar Mesir di Ponpes Mamba’us Sholihin berjalan lancar dan kondusif. (jm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *