Kick Off Vaksin Booster di Gresik Dilakukan, Anggota Senior Polsek Menerima Dosis Ketiga Astra Zeneca.

GRESIK – Pemerintah secara resmi meluncurkan program vaksinasi Covid-19 dosis ketiga (vaksin booster) pada tanggal 12 Januari 2022 dengan sasaran prioritas lansia.

Di Kabupaten Gresik, seluruh Puskesmas secara serentak melakukan kick Off vaksin booster.

Sementara di wilayah pelayanan Puskesmas Manyar, Polisi senior yang berdinas di Polsek Manyar didatangi vaksinator untuk memberikan dosis ketiga vaksin Covid-19 pada lengan sebelah kiri.

Aiptu Supriono (57), Polisi berambut putih ini tercatat sebagai anggota paling senior di Kepolisian Sektor Manyar. Ia berhak menerima dosis ketiga vaksin Covid-19 pada momen kick off vaksin booster dari Puskesmas Manyar.

Tiga orang vaksinator melakukan screening pengecekan kesehatan Aiptu Supriono di bawah gazebo di halaman Polsek Manyar. Setelah lolos screening, Polisi yang tidak lama lagi memasuki usia pensiun ini menerima dosis ketiga vaksin Covid-19 jenis Astra Zeneca.

Ada yang menarik pada vaksin booster di halaman kantor Polisi ini. Ketika Aiptu Supriono disuntik vaksin, tangan sebelah kanan memegang segelas kopi hitam sembari berkata, “Bismillah sehat, jangan lupa ngopi.” katanya kepada rekan kerja yang turut mendampingi.

Tak ayal, Polisi dan tenaga kesehatan (nakes) yang melakukan vaksinasi pun ikut tertawa melihat aksi kocak Aiptu Supriono dengan segelas kopi hitam dibawah gazebo.

dr Ovaldo Kurniawan selaku Kepala UPT Puskesmas Manyar kepada awak media melalui pesan WhatsApp mengatakan kick Off vaksin booster.

“Sesuai instruksi Presiden RI melalui Pemerintah Kabupaten Gresik, pada tanggal 12 Januari 2022 seluruh Puskesmas di Kabupaten Gresik melakukan kick off vaksin booster.” kata dr Aldo, Rabu (12/1/2022).

Ia menyebut vaksin dosis ketiga ini diberikan kepada masyarakat secara gratis. Syaratnya, berusia diatas 18 tahun dan sudah mendapatkan vaksinasi primer dosis lengkap minomal 6 bulan sebelumnya.

“Jenis vaksin yang digunakan jika sebelumnya dosis pertama dan kedua Sinovac, maka untuk booster bisa dengan Astra Zeneca atau Pfizer. Sedangkan jika sebelumnya pakai Astra Zeneca, maka boosternya menggunakan Moderna.” terangnya.

Aldo merinci untuk target hari pertama vaksin booster adalah 79 orang. Ia juga mengaku akan bersinergi dengan Forkopimcam Manyar untuk terus memberikan dosis ketiga vaksin Covid-19 kepada masyarakat.

Senada, Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis melalui Kapolsek Manyar AKP Windu Priyo Prayitno mengatakan mendukung penuh program pemerintah vaksinasi Covid-19 dosis ketiga.

“Bersama Forkopimcam Manyar, kami akan mendukung dan mengawal progam vaksin booster atau vaksin dosis ketiga kepada masyarakat.” kata Windu.

Mantan Kasat Sabhara Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya itu juga mengingatkan masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan meskipun sudah menerima vaksinasi lantaran sekarang varian baru Covid-19 telah masuk ke Indonesia.

“Masyarakat jangan ragu-ragu menerima vaksin booster. Karena vaksin Covid-19 aman dan halal.” pungkasnya. (jm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *