Ketua Panitia Pilkades di Gresik, Memilih Ikut Berebut Kursi Kepala Desa.

GRESIK – Bergulirnya pentahapan Pilkades bergelombang 2022 di Kabupaten Gresik, diawali dengan pembentukan dan pelantikan panitia Pilkades pada tanggal 6 Januari 2022 lalu.

Di Kecamatan Manyar, hingga saat ini telah melalui beberapa tahapan. Daftar pemilih tetap (DPT) telah ditetapkan dan diumumkan.

Pengumuman dan pendaftaran calon kepala desa (Cakades) dibuka, terhitung sejak tanggal 28 Januari 2022 sampai dengan tanggal 5 Februari 2022.

Apabila selama sembilan hari pendaftaran pertama telah terjaring dua Cakades atau lebih, maka pendaftaran ditutup dan tahapan dapat dilanjutkan.

Tepat pukul 24.00 Wib hari Sabtu tanggal 5 Februari 2022, masing-masing panitia Pilkades di empat desa digelarnya pemilihan kepala desa diantaranya Desa Yosowilangun, Desa Manyarejo, Desa Banyuwangi dan Desa Betoyokauman resmi menutup pendaftaran tahap pertama.

Dari catatan panitia, Pilkades Desa Yosowilangun terjaring 5 Cakades, Desa Manyarejo 7 Cakades, Desa Banyuwangi 2 Cakades dan Desa Betoyokauman sebanyak 3 pendaftar calon kepala desa.

Pentahapan Pilkades di Kecamatan Manyar ini diwarnai ketua panitia Pilkades yang mengundurkan diri dari kepanitiaan.

Ketua panitia Pilkades Desa Manyarejo memilih meletakkan jabatan ketua panitia Pilkades dan mendaftarkan diri sebagai calon kepala desa.

Sebagai gantinya, telah diterbitkan surat keputusan pengganti ketua panitia Pilkades Desa Manyarejo.

Pada menit terakhir menjelang ditutupnya pendaftaran Cakades Desa Betoyokauman, ada pula yang sengaja mendaftarkan diri jelang dini hari pukul 23.45 Wib.

Menyikapi perkembangan pentahapan Pilkades ini, Forkopimcam Manyar semakin intens melakukan koordinasi. Menerjunkan Bhabinkamtibmas dan Babinsa monitoring situasi Kamtibmas di desa binaan.

Sementara itu Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis melalui Kapolsek Manyar AKP Windu Priyo Prayitno mengatakan pendekatan kepada masyarakat di Kecamatan Manyar jelang Pilkades.

“Kami bersama Forkopimcam Manyar terus melakukan pendekatan dengan tokoh masyarakat dan memetakan potensi kerawanan Kamtibmas di empat desa dilaksanakannya Pilkades.” kata Windu, Minggu (6/2/2022).

Kepada awak media, ia mengeklaim situasi Kamtibmas selama bergulirnya pentahapan Pilkades hingga saat ini tetap kondusif.

Mantan Kasat Sabhara Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya itu mengajak semua elemen masyarakat desa yang bakal melakukan pesta demokrasi agar tetap menjaga kondusifitas Kamtibmas.

“Pilihan boleh berbeda, akan tetapi kerukunan harus tetap dijaga.” pungkasnya. (jm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *