Jangan Kaget Dihentikan Polisi Gresik Pada Malam Hari, Opensif Rayon Cegah Kejahatan Sedang Ditingkatkan

GRESIK – Kepolisian Resor Gresik terus berupaya menciptakan keamanan dan kenyamanan di Kota Santri. Menekan niat daripada pelaku tindak kejahatan.

Polsek jajaran Polres Gresik digencarkan kegiatan rutin yang ditingkatkan (kryd). Melakukan razia di titik yang dinilai rawan terjadi aksi kriminalitas.

Polsek Manyar menggelar kegiatan opensif gabungan bersama personel Polsek Gresik, Polsek Kebomas dan Polsek Kawasan Pelabuhan (rayon tengah) di jalan Kalimantan, pada Minggu malam 21 November 2021 di Jalan Kalimantan Perumahan GKB, Desa Sukomulyo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik.

Masyarakat yang melintas pada titik operasi bakal diperiksa identitas bahkan barang bawaan tak luput dari razia.

Tak jarang pengguna jalan yang dihentikan petugas bertanya-tanya. “Operasi apa pak malam hari begini?.” tanya Edi pengguna jalan ketika diperiksa.

Lalu dengan humanis Polisi menjawab, “opensif pencegahan kejahatan malam hari pak, untuk mengurangi niat pelaku kriminal.” jawab petugas.

Sementara itu Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis melalui Kapolsek Manyar AKP Windu Priyo Prayitno mengatakan, pihaknya sengaja menerjunkan anggota pada malam bahkan dini hari.

“Kegiatan opensif ini adalah kegiatan rutin kepolisian yang ditingkatkan. Sebagai upaya preemtiv dan preventif guna mencegah terjadinya tindak pidana.” kata Windu, Senin (22/11/2021).

Ia menambahkan, juga menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat. Harapannya kondusifitas Kamtibmas tetap terjaga.

Kepada awak media, Perwira Polisi dengan tiga balok dipundak itu menjelaskan, target operasi adalah pelaku Curat (pencurian dengan pemberatan), Curas (pencurian dengan kekerasan), dan Curanmor (pencurian kendaraan bermotor).

Dari analisa Kepolisian, opensif malam hari ini dinilai efektif untuk mengurangi angka kejadian tindak pidana.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat agar jangan memberi kesempatan pada pelaku. Ia menyebut memberi kunci ganda pada motor dan kunci setir kearah kanan saat diparkir. Tujuannya mencegah aksi maling motor. Jangan lupa mengunci pagar maupun pintu rumah.

“Mengenai lokasi operasi tidak ditentukan. Bisa di wilayah Manyar, Gresik Kota, Kebomas maupun kawasan pelabuhan. Tergantung analisis potensi kerawanan.” pungkasnya. (jm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *