Dibawah Terik Matahari, Kapolsek Manyar bersama Nakes Datangi Rumah Lansia Memberikan Dosis Vaksin Covid-19

GRESIK – Hajah Mutmainnah (67) lansia warga RT 06 RW 02, Desa Tanggulrejo, Kacamatan Manyar akhirnya dapat bernafas lega.

Pasalnya ia telah menerima vaksin Covid-19 cukup didalam rumah saja. Sakit yang diderita akibat hipertensi hampir 5 tahun, memaksanya mengurungkan keinginan untuk bepergian diluar rumah.

Walker alat bantu jalan berkaki empat menjadi kebutuhan untuk membantunya melangkahkan kaki. Hal ini membuatnya kesulitan pergi ke gerai vaksin.

Kapolsek Manyar AKP Windu Priyo Prayitno merespon cepat. Menerima informasi dari Bhabinkamtibmas perihal kondisi lansia warga binaannya tersebut, melakukan koordinasi dengan pemerintahan desa dan Puskesmas Sembayat.

Dibawah terik matahari, perwira Polisi dengan tiga balok emas dipundak ini bersama Camat Manyar dan tenaga kesehatan rela berjalan kaki menyisiri jalan kampung terbuat dari cor beton untuk mendatangi rumah lansia sat per satu, Sabtu (25/9/2021).

Vaksin Sinovac dosis pertama pun bisa diterima Mutmainnah dengan tetap bertahan didalam rumah.

“Alhamdulillah, akhirnya saya bisa mendapatkan vaksin dirumah. Sudah lama ingin mendapat vaksin, tapi kaki ini tidak sanggup untuk berjalan jauh. Terkadang terasa pusing kalau berlama-lama berdiri.” ucapnya bersyukur.

Mutmainnah adalah satu diantara 24 lansia didesa yang berbatasan dengan Kabupaten Lamongan, penerima dosis vaksin Covid-19 door to door yang dilakukan Kapolsek Manyar bekerjasama dengan vaksinator dari Puskesmas Sembayat dan bidan desa setempat.

Sementara Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis diwakili AKP Windu usai kegiatan vaksinasi lansia mengaku bahwa kegiatan ini adalah upaya mencapai herd immunity.

“Kami berkoordinasi dengan Pak Camat, Puskesmas Sembayat dan pemerintahan desa Tanggulrejo, mendatangi rumah lansia satu per satu karena mereka mobilitasnya terbatas untuk mendatangi gerai vaksin.” kata Windu.

Ia menyebut, kegiatan ini merupakan upaya pemerintah dalam menyudahi pandemi Covid-19 dengan target 70 persen vaksinasi dari jumlah penduduk, herd immunity adalah tujuan yang ditempuh.

Kapolsek Manyar mewanti-wanti, “meskipun sudah menerima vaksinasi masyarakat tetap diminta disiplin mematuhi protokol kesehatan secara ketat.” tegas Windu.

Senada, Camat Manyar Moh Nadlelah mengatakan pihaknya akan bersinergi dengan instansi terkait untuk mempercepat akselerasi vaksinasi Covid-19.

“Harapannya kekebalan komunal secepatnya bisa tercapai dan pandemi Covid-19 segera berlalu.” tukasnya. (jm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *