Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Sembayat Lakukan Tracing Covid-19 Bersama Nakes

GRESIK – Mengoptimalkan PPKM Skala mikro mengharuskan Bhabinkamtibmas dan Babinsa terjun ke level Rt Rw melakukan tracing penyebaran Covid-19.

 

Bripka Hadi S bersama Serda Marjuki, berdua adalah Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Sembayat Kecamatan Manyar. Merangkul tenaga kesehatan Puskesmas setempat melakukan tracing warganya yang terpapar Covid-19.

 

Diketahui salah satu warga desa binaannya, bapak positif Covid-19 dirawat di rumah sakit. Sedangkan anak-anak dan keluarganya harus menjalani isolasi mandiri di rumah.

 

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, SH, SIK, MM melalui Kapolsek Manyar Iptu Bima Sakti Pria Laksana, SIK, MH mengatakan, “kontak harus tetap dalam isolasi mandiri,” kata Bima Sakti, Sabtu (6/3/2021).

 

Selama periode pemantauan empat belas hari untuk membatasi kemungkinan orang lain terinfeksi berjaga-jaga jika kontak tersebut sakit.

 

Menurut alumni Akpol 2013 tersebut, tracing ini tujuannya untuk menghentikan penularan virus dengan mengurangi jumlah orang pembawa virus yang berkegiatan.

 

Kontak dapat ditelaah sebagai setiap orang yang berinteraksi langsung atau berada dalam jarak 1 meter selama setidaknya 15 menit dengan seseorang yang terinfeksi virus penyebab Covid-19, bahkan jika kasus konfirmasi tidak mengalami gejala.

 

Oleh karena itu pelacakan kontak merupakan mekanisme penting untuk mengendalikan wabah Covid-19. “Pelacakan kontak yang komprehensif harus dilakukan segera setelah kasus atau kluster teridentifikasi.” tandasnya

 

Pihaknya juga mengajak masyarakat tidak kendor mematuhi 5 M yakni, mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta membatasi mobilitas sebagai ikhtiar memutus rantai penyebaran virus corona.(jm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *